Senin, 23 Juli 2012



Jakarta - PLN akhirnya bisa memberikan penerangan listrik kepada para penduduk di Dusun Laurdes Desa Sungai Limau, Sebatik Barat, Kepulauan Sebatik, Kalimantan Timur yang terletak di perbatasan Malaysia.

Humas PLN Kantor Pusat Agus Trimukti mengatakan, sejak 21 Mei 2012 lalu, PLN menghadirkan lampu SEHEN (Super Hemat Energi) di dusun tersebut.

"Dusun tersebut kini tidak lagi menjadi daerah yang gelap gulita. Sebanyak 150 warga dua Dusun yaitu Dusun Laurdes Desa Sungai Limau dan Dusun Perjoko Desa Maspul, kini sudah dapat bisa menikmati penerangan di malam hari," kata Agus dalam siaran pers, Senin (23/7/2012).

Dikatakan Agus, saat ini masyarakat di daerah perbatasan yang belum terjangkau jaringan dan pembangkit listrik kini bisa menikmati penerangan di malam hari dengan program lampu SEHEN.

"Untuk menerangi daerah yang sulit terjangkau jaringan dan pembangkit listrik, PLN mengeluarkan inovasi baru, yaitu pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) mandiri serta lampu SEHE untuk mengurangi pengeluaran PLN jika dibandingkan dengan menggunakan solar dan meningkat rasio elektrifikasi," tutur Agus.

Panel surya yang diberikan kapasitasnya 12 watt, sedangkan lampunya sebesar 3 watt. Panel surya yang diberikan PLN tersebut hanya digunakan untuk lampu yang dari PLN tersebut, tidak bisa digunakan untuk elektronik lainnya, seperti TV, kulkas, dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar